Minggu, 14 Oktober 2012

5 Tipe Ayam yang Unik di Dunia

Ayam termasuk dalam golongan unggas yang tidak bisa terbang. Ayam memiliki tipe/jenis yang beragam di dunia ini. Dari semua tipe ayam, terdapat 5 ayam yang memiliki bentuk dan ciri-ciri fisik yang unik dan lucu. Mari kita simak ulasannya sebagai berikut :

1. Ayam Leher Botak (Naked Neck Chicken)



Ayam ini mirip seperti kalkun (turkey-eng), bahkan banyak warga mengira bahwa ayam ini meupakan perkawinan dari kalkun dengan ayam. Warga di Romania menyebut ayam ini, Turken. Ayam ini disebut oleh para ilmuwan sebagaiTransylvanian Naked Neck Chicken. Para ilmuwan berpendapat bahwa ayam ini mengalami mutasi genetik yang menyebabkan kerontokan bulu disekitar lehernya.

Berdasarkan tes DNA dari ilmuwan di Roslin Institute, University of Edinburgh, Inggris, peternak unggas tidak perlu panik. Dr. Denis Headon, pemimpin studi, menilai keberadaan ayam itu dapat membantu peternak menghasilkan ayam yang cocok dengan habitat negara beriklim panas.

“Ayam berleher telanjang itu tidak memiliki bulu, tapi mereka berperilaku seperti ayam normal dengan bertelur dan menghasilkan daging yang baik. Yang menarik, mereka ternyata lebih tahan kondisi panas dari ayam normal,” kata Dr. Denis Headon.

2. Ayam An Araucana



Araucana adalah sejenis ayam yang berasal dari Chile. Araucana seringkali dikelirukan dengan ayam jenis lain terutamanya ayam Ameraucana dan Easter Egger. Ayam ini memiliki bulu yang berada di sekitar telinganya, sehingga ayam ini seperti memiliki telinga.

Ayam ini menghasilkan telur berwarna biru dan tidak berekor (di Amerika Utara). Untuk memenuhi standar Amerika Utara, ayam ini harus mempunyai ciri-ciri seperti tidak berekor dan tiada tulang punggung.

3. Ayam Sultan



Ayam ini merupakan ayam hias yang berasal dari Turki. Sultan memiliki banyak bulu dekoratif seperti di sekitar kepala, jengger, memiliki ekor panjang, dan bulu yang banyak disekitar kaki.

Ayam Sultan memiliki 3 varietas, ada yang berwarna hitam, biru, dan putih. Diantara ketiga varietas tersebut, ayam sultan putih yang paling terkenal. Ayam sultan ini cukup jinak, ramah dan suka dikurung dalam kandang.

4. Ayam Sri Rama (Serama)



Serama berbeda dengan jenis ayam pada umumnya. Pasalnya, postur tubuh Serama begitu kecil, bobotnya hanya sekitar 300 gram. Alhasil, American Poultry Association (APA) dan American Bantam Association (ABA) menobatkan serama sebagai ayam terkecil di dunia.

Ayam kerdil ini pun gemar sekali menarik kepalanya ke belakang hingga membentuk huruf S. Namun, kelihaian serama di atas catwalk memang tidak selamanya bisa terjadi. Layaknya, manusia, serama pun juga sering kali mengalami bad mood. Apabila sedang tidak berhasrat tampil, saat kontes dimulai pun sang ayam hanya berjalan hilir mudik kebingungan sambil menggigiti bulu-bulunya.

Selain tangkas dalam berlenggak-lenggok di atas catwalk, serama juga memiliki ekor lawi yang menjulang hingga sering kali dipersonifikasikan sebagai Sri Rama, tokoh dalam cerita wayang. Memang konon, serama ini merupakan ayam hasil persilangan antara ayam kapan atau kate berkaki panjang dan ayam modern game batam di tahun 1971.

Sang pemrakarsa, Wee Yean Een, pun akhirnya memberikan nama Sri Rama. Akan tetapi, karena logatnya berbeda, pengucapam Sri Rama pun akhirnya menjadi “serama” hingga kini. Namun, meski berpostur cebol, nilai serama kini mencapai puluhan juta.

5. Ayam Cemani



Ayam Cemani merupakan ayam lokal asli Indonesia, yang berasal dari Pulau Jawa. Kata cemani berasal dari bahasa jawa kuno yang artinya Hitam Legam,warna hitam ini menyelimuti seluruh tubuh ayam lokal ini mulai dari jengger, pial, paruh, bola mata rongga mulut, lidah, pelatuk, bulu, sayap, ketiak, lubang dubur, siih, kaki,dan cakar.

Konon ayam cemani ini memiliki warna hitam yang sangat sempurna dengan presentase 100 % warna keseluruhan nya hitam, bahkan sampai warna daging tulang dan darahnya semuanya berwarna hitam, warna hitam menyelimuti seluruh tubuh dari bagian luar, hingga bagian dalam/jeroan nya, mulai dari tenggorokan, rongga mulut, lidah, semua nya hitam. Melihat dari kriteria dan ciri-ciri tersebut inilah yang disebut & di klaim sebagai : “Ayam Cemani Asli” atau sering juga disebut dengan julukan (Hayam Hideung) kata orang Sunda.

Ikuti UNIK ASIIK di Facebook dan Twitternya disini
http://darmawanku.files.wordpress.com/2009/07/twitter-logo.png?w=121&h=35


Artikel Terkait: