Senin, 30 Juli 2012

5 Tempat di Yogya yang membuat anda lebih pintar !

Agan agan semua , Yogyakarta terkenal sebagai tempat sempurna untuk berwisata alam, budaya, dan belanja. Ternyata, Yogya juga punya wisata edukasi yang akan menambah wawasan dan membuat Anda lebih pintar. Mau tahu?

Yogya memang menjadi destinasi terfavorit bagi para traveler. Ada banyak hal yang bisa Anda dapatkan di sana, salah satunya adalah wisata edukasi.inilah 5 tempat di Yogya yang akan membuat Anda lebih pintar:

1 TAMAN PINTAR

Dari namanya saja, taman ini dijamin akan menambah wawasan dan ilmu pengetahuan Anda. Terletak di Jl Panembahan Senopati, Yogya, tempat ini tidak jauh dari Malioboro dan akan menambah wawasan Anda tentang ilmu pengetahuan, khususnya sains.

Ada banyak aneka macam wahana edukasi di Taman Pintar yang akan membuat Anda kagum. Dinding berdendang misalnya, terdapat sebidang tembok berwarna merah yang ditempeli gendang-gendang dengan bermacam ukuran. Jika gendang-gendang tersebut dipukul, maka akan menghasilkan suara yang berbeda-beda. Ternyata, hal ini mengajarkan tentang tinggi-rendahnya nada suara yang tergantung pada ukuran gendang.

Itu baru sedikit contoh dari wahana edukasi di Taman Pintar. Ada banyak peragaan-peragaan seru tentang sains yang dapat Anda temukan di sini. Ada juga Gedung Memorabilia yang berisi sejarah tentang Kraton Yogyakarta dan Gedung PAUD (pendidikan anak usia dini) untuk tempat belajar yang seru dan berwarna-warni. Emm, jadi tambah pintar bukan?




2 MUSEUM GUNUNG MERAPI

Indonesia adalah salah satu negara dengan jumlah gunung terbanyak di dunia. Gunung-gunung tersebut pun ada yang masih aktif hingga sekarang, seperti Gunung Merapi di Yogyakarta.

Nah, di Museum Gunung Merapi Jl Kaliurang, Kabupaten Sleman, Yogya, Anda dapat menimba ilmu tentang gunung-gunung berapi yang masih aktif, terutama Merapi. Ada penjelasan yang jelas dan rinci tentang penjelasan Gunung Merapi dan gunung-gunung berapi di Indonesia, jenis-jenis bebatuan gunung berapi, hingga langkah-langkah untuk menyelamatkan diri dan simulasi saat gunung berapi meledak.

Anda akan menambah ilmu pengetahuan tentang gunung berapi di tempat ini. Informasinya sangat lengkap dan terperinci. Wah, bisa jadi ahli vulkanologi!



3 MUSEUM BIOLOGI UGM

Banyak yang tidak tahu tentang Museum Biologi UGM di Yogya. Padahal, museum ini memberikan banyak pengetahuan ilmu biologi yang sangat lengakap. Museum yang dikelola oleh Fakultas Biologi UGM ini dibuka untuk umum dan memiliki koleksi lebih dari 4.000 spesimen yang meliputi koleksi awetan hewan dan tumbuhan.

Museum ini merupakan museum pembelajaran alam, sehingga Anda dapat menambah wawasan tentang hwean dan tumbuh-tumbuhan. Meskipun kebanyakan koleksi hewan dan tumbuhan di Museum Biologi adalah awetan, ada juga beberapa ikan dan jenis tumbuhan air yang dikoleksi dalam akuarium. Cocok untuk dijadikan wisata edukasi.

Museum Biologi UGM telah menyediakan pemandu museum. Sang pemandu akan menjelaskan berbagai koleksi yang ada. Museum ini akan wawasan Anda tentang ilmu biologi, mungkin tempat ini juga dapat menjadi inspirasi bagi Anda untuk menjadi peneliti.



4 BENTENG VREDEBURG

Jika ingin mempelajari tentang sejarah penjajahan Belanda di Indonesia, datang saja ke Benteng Vredeburg. Benteng ini adalah sisa peninggalan Belanda di Yogya, bentuk bangunan dan arsitekturnya pun masih asli.

Berjalan menyusuri benteng ini, Anda seolah akan kembali ke masa lampau. Benteng yang kokoh, menjulang tinggi, dan gaya Eropa yang khas, melekat di bangunan ini. Ditambah dengan nuansa Yogya yang khas, benteng ini adalah tonggak sejarah bagi masyarakat Yogya.

Tidak jauh dari benteng, terletak Museum Benteng Vredeburg. Di museum ini, lebih dijelaskan lagi tentang bentengnya dan kisah-kisah para pejuang terhadap penjajah yang pernah terjadi di benteng ini. Seru!



5 CANDI PRAMBAN

Tidak hanya sebagai surga para fotografer, Candi Prambanan juga menjadi tempat untuk wisata edukasi yang menyenangkan. Bentuk dan bangunan candi-candi di dalamnya yang menakjubkan, akan bercerita banyak kepada Anda tentang sejarah negeri ini pada ribuan tahun silam.

Tahukah Anda? Candi Prambanan merupakan candi Hindu terbesar se-ASEAN. Candi Prambanan dibangun pada abad ke-9 sebagai persembahan untuk Dewa Shiwa, Brahma dan Wisnu. Komplek candi ini memiliki jumlah sekitar 240 candi.

Bangunannya yang besar, luas, dan menakjubkan, akan membuat siapa pun berdecak kagum. Anda pun bisa bertanya kepada pemandu setempat tentang sejarah dan kisah Candi Prambanan. Candi ini pun pernah menjadi tempat untuk penyebaran agama Hindu yang terbesar pada masanya. Anda akan mendapat pengetahuan berharga tentang salah satu warisan dari nenek moyang bangsa ini.


Tempat-tempat tersebut akan menjadikan kegiatan traveling Agan-agan lebih menyenangkan. Ada pengalaman baru dan wawasan baru yang akan Agan dapatkan di setiap tempatnya. Selamat berkunjung ke Yogyakarta, kota pelajar!


SUMBER

Ikuti UNIK ASIIK di Facebook dan Twitternya disini
http://darmawanku.files.wordpress.com/2009/07/twitter-logo.png?w=121&h=35


Artikel Terkait: