Selasa, 13 Maret 2012

Spesifikasi Android LG Prada 3.0



LG Electronics akhirnya menghadirkan smartphone Android, LG Prada 3.0 ke Indonesia. Ponsel Android, LG Prada 3.0 merupakan kerja sama LG Electronics dengan rumah mode terdepan di dunia, Prada.

Sesuai dengan namanya, LG Prada 3.0 dikembangkan sebagai fashionable phone, dengan konsep fashion yang lebih diutamakan dan menjadikan ponsel cerdas ini mampu memberikan penggunanya bisa tampil gaya, terutama bagi konsumen yang mengikuti mode fashion.

Desain khas Prada
Mengusung filosofi Prada, ponsel ini memiliki desain ramping dengan ketebalan 8,5 mm. Bentuknya yang kotak memberikan kesan elegan. Namun LG tidak lupa menawarkan desain agak cembung di sisi kanan dan kiri ponsel, agar lebih stylish.

Desain khas Prada tampak pada tampilan sisi belakang ponsel. Pola yang dipakai adalah desain Saffiano yang menjamin pola tersebut adalah rancangan dari Prada. Desain pola tersebut makin membuat nyaman terutama saat digenggam, apalagi bagi pengguna yang sering mengeluarkan keringat karena tidak membuat efek licin.

Sementara di sisi samping, atas, dan bawah ponsel ini dikelilingi oleh lapisan chrome yang membuatnya semakin elegan.

Berbeda dengan ponsel Android lainnya, LG Prada 3.0 ini disematkan port jack audio 3,5 mm dan tombol "Power" di bagian atas. Selain itu, ada juga port USB yang memiliki penutup. Untuk membuka, pengguna bisa menggeser tuas di sebelahnya. Sementara di sisi kiri ponsel, cuma ada tombol volume.

Tampilan antarmuka
Di tampilan menu sentuhnya, LG masih setia menggunakan tampilan antarmuka yang disesuaikan dengan konsep Prada. Seluruh icon dan widget pada home screen dibuat dengan warna putih dan latar belakang hitam khas Prada.

Sekilas, tampilan monokrom itu akan menjenuhkan pengguna, terlebih bagi pengguna yang senang dengan warna-warna terang. Namun, dengan tampilan antarmuka khas Prada ini justru membuat kesan berbeda dengan ponsel lainnya.

Yang membuat berbeda, tampilan layar Prada 3.0 yang memiliki rentang 4,3 inci ini memiliki resolusi 800 x 480 piksel WVGA. Tingkat kecerahan Prada ini lebih baik dibandingkan dengan LG Optimus Black yang memiliki kecerahan hingga 800 nit. Bahkan resolusi tersebut jauh lebih terang dibandingkan layar super AMOLED.

Fitur 'jeroan' standar
Sebagai ponsel premium, Prada 3.0 ini hanya dibekali prosesor dual core TI Omap 1GHz, dual channel dengan PowerVR SGX 540 graphics, dan dual RAM 512 MB. Padahal ponsel pintar dengan harga yang sama (sekitar Rp 7 juta) berani menawarkan fitur yang lebih baik.

Sistem operasinya masih Android 2.3 (Gingerbread), tetapi dijanjikan akan bisa di-upgrade ke Android 4.0 Ice Cream Sandwich.

Seperti ponsel lain, LG Prada ini juga diberikan teknologi jaringan HSPA dengan kecepatan 21 Mbps, WiFi 802.11 a/b/g/n, WiFi direct, DLNA, dan WiFi Hotspot.

Kapasitas memori internalnya 8GB dan bisa di-upgrade hingga 32GB menggunakan SD card, RAM 1GB, dan ROM 512MB.

Kualitas kamera
Kamera utamanya sudah 8MP autofocus dengan LED flash. Dengan resolusi tersebut memberikan hasil yang maksimal dan tajam, bahkan terlihat cukup detail, meski tanpa pengaturan.

Hasil foto juga bisa langsung diedit dan bisa dibagi melalui akun sosial. Tampaknya, LG menyadari bahwa pengguna ponsel ini menginginkan kepraktisan dalam pemakaian.





Kameranya juga dapat digunakan untuk merekam video full HD 1.080 piksel.

Kesimpulan: Dengan harga yang cukup mahal (Rp 7 juta), fitur dan spesifikasi yang dimiliki LG Prada 3.0 bisa dibilang standar, apalagi bila dibandingkan dengan ponsel sekelasnya. Meski demikian, performanya pun tidak bisa disepelekan dengan digunakannya prosesor dual core 1 GHz.

Ponsel ini memang lebih menekankan konsep stylish dan modis, maka tak salah bila tak terlalu mengutamakan performanya. Ponsel ini memang dirancang untuk pribadi yang mengutamakan penampilan.

Dengan menyandang nama besar Prada sebagai merek fashion ternama, ponsel ini akan menjadi nilai tambahan tersendiri bagi kaum fashionista.

Kelebihan:
+ Desain menawan dan elegan khas Prada
+ Kamera 8MP menghasilkan foto berkualitas tinggi
+ Kemudahan mengedit foto dan langsung berbagi di akun sosial

Kekurangan:
- Performa standar apalagi bila dibandingkan dengan ponsel dengan harga sekelas
- Harga mahal

Spesifikasi:
Dimensi : 127 x 69 x 8,5 mm
Berat : 138 gram
OS : Android 2.3 Gingerbread, upgradeable Ice Cream Sandwich
Jaringan : GSM (850/900/1800/1900), HSPA (900/1900/2100)
Chipset : Prosesor OMAP 4430 1Ghz dual core
Memori : RAM 8GB DDR2, ROM 1GB + 512MB, eksternal hingga 32GB
Display : 4,3 inci WVGA (800 x 400) TFT NOVA (800 nit)
Kamera : 8MP autofocus, 1,3MP LED flash
Konektivitas : DLNA, Bluetooth, USBN WiFi a/b/g/n
Baterai : 1.540 mAh


Ikuti UNIK ASIIK di Facebook dan Twitternya disini
http://darmawanku.files.wordpress.com/2009/07/twitter-logo.png?w=121&h=35


Artikel Terkait: