Jumat, 16 Desember 2011

5 JURUS MENANGKAL RAYUAN VIRUS DI CHAT FACEBOOK




Sahabat Smart Newz, pernahkah Anda mengalami ketika membuka account facebook Anda tiba-tiba disapa oleh teman Anda lewat layanan chat facebook? Namun isinya bukan sapaan akrab teman Anda sepertinya biasanya, tetapi sebuah link yang seolah-olah menyuruh Anda mengklik sebuah image atau file-file lain. Saya sendiri pernah beberapa kali mendapat sapaan yang ditumpangi dari ID teman yang terdaftar di account saya. Isinya biasanya seperti ini " omg ha ha ck..." terus dibawahnya disertakan sebuah link seperti ini"http://image20.nimageshack.com/image20/i.php74748-picture70.JPG". Dulu saya pernah mengklik link itu dan akibatnya komputer saya terinfeksi virus trojan.

Sahabat Smart Newz, Jika Anda mendapat sapaan di chat facebook seperti itu, Jangan sesekali Anda mengkliknya karena link itu adalah virus yang sangat berbahaya yang dapat melumpuhkan komputer Anda.

Seperti yang saya kutip dari detikInet, Sejak pertengahan Agustus hingga saat ini banyak pengguna komputer yang dilaporkan terinfeksi serangan program jahat yang beroperasi di layanan chat Facebook.

Perusahaan keamanan Vaksincom mendeteksi virus ini sebagai W32/Kolab.xx (Trojan.Click1.xxxx). Menurut Adi Saputra, analis dari Vaksincom, tercatat sudah puluhan varian sejak Agustus yang terdeteksi. Salah satunya bahkan tidak dapat terdeteksi oleh hampir semua antivirus ternama.

Simak 5 jurus untuk menangkalnya ala Vaksincom yang dikutip detikINET

  1. Hindari melakukan klik pada link yang dikirim pada Anda, baik melalui pesan chat facebook atau status.
  2. Beritahukan pada teman Anda, bahwa komputer tersebut telah terinfeksi virus, dan segera lakukan update dan scan komputer dengan antivirus yang terupdate.
  3. Jangan melakukan copy link atau melakukan pemberitahuan disertai link tersebut, karena dengan begitu Anda justru ikut menyebarkan link yang mengandung virus tersebut.
  4. Jangan meninggalkan facebook Anda dalam keadaan aktif/login, sebaiknya logout dulu hingga Anda kembali.
  5. Gunakan Secure HTTP / HTTPS pada saat login Facebook, hal ini agar akun Anda tidak mudah diakses oleh orang lain di sekitar Anda.
Itulah kelima jurus untuk menangkal serangan virus lewat chat facebook yang saya kutipkan dari detikInet. Semoga ada manfaatnya.

[Sumber: detikinet]



Artikel Terkait: