Selasa, 13 Desember 2011

Pantai Siung, Gunung Kidul


Pantai Siung (dalam bahasa jawa siung berarti gigi) terletak di Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta berderetan dengan pantai-pantai yang eksotis Gunung Kidul lainnya, seperti Trio BKK (Baron-Krakal-Kukup). Namun keberadaan Pantai Siung ini memang kurang begitu terdengar gaungnya dibanding Trio BKK yang memang sudah cukup terkenal. Memang Pantai Siung ini terletak cukup jauh dari Trio BKK, bahkan Pantai Siung ini berada disamping pantai Wediombo yang memang lokasinya berada di perbatasan dengan Kabupaten Wonogiri.

Pantai Siung ini terkenal dengan karang-karangnya yang menakjubkan sehingga tidak heran jika di sini digunakan untuk lokasi panjat tebing. Sebenarnya Pantai Siung ini lebih mirip teluk yang diapit dua bukit, namun meskipun lautnya menjorok ke dalam tapi ombakknya tetap saja besar. Selain itu, pengunjung pun tidak leluasa bermain ombak di pinggir pantai karena terdapat karang-karang setelah deretan pasir pantai yang berwarna putih.

Karena Pantai ini diapit dua bukit, maka pengunjung bisa mendaki bukit di sisi kana dan sisi kirinya untuk memandang laut lepas sejenak. WOW … Suasana sepi ini pun dimanfaatkan pasangan muda-mudi untuk err… tentu saja pacaran di balik semak-semak! Hahaha.

So, bosen dengan Parangtritis atau Pantai BKK, Pantai Siung layak untuk dikunjungi!

DATA dan FAKTA:

Jarak dari Jogja: sekitar 70 km (2 jam-an perjalanan)
Akses: Kendaraan Pribadi/Angkutan Umum (ada bus yang menuju Tepus, tapi masih kudu masuk lagi lumayan jauh sekitar 15 menit naik motor). Jalan menuju Gunung Kidul sudah HALUUUUUSSS.
Fasilitas: ada warung, toilet, musholla, parkir motor/mobil, tidak menemukan hotel.
Objek Wisata yang berdekatan: Pantai Wediombo (belum sempat mampir)
Barang yang hilang di sini: Kacamata! (Eh kelupaan sih sebenarnya, hihihi)
Perlu dicoba: Bagi yang rumahnya di solo/klaten, perlu dicoba rute balik tanpa perlu lewat Gunung Kidul lagi, tapi melalui Pracimantoro – Wonogiri – Sukaharjo – Solo/Joja dengan waktu tempuh yang hampir sama, tapi jalanan sedikit lebih tidak bersahabat dibanding dengan jalanan di Jogja yang halus mulus itu.



Artikel Terkait: