Kamis, 26 Januari 2012

5 Makanan yang Dapat Melawan Rasa Kantuk


Letih dan kantuk yang tidak tertahankan di siang hari hampir pernah dirasakan oleh semua orang.

Mengantuk memang hal yang alamiah, tapi jika terus berlangsung selama jam sibuk dapat mengganggu performa kerja Anda.

Banyak penyebab rasa lemas dan ngantuk timbul di tengah hari. Kurang tidur, makan siang yang terlalu banyak atau pun stres merupakan kondisi yang memicu ngantuk berlebih.

Lalu bagaimana mengatasi rasa kantuk pada siang hari?

Berikut tipsnya dari Health Me Up.

Yoghurt
Yoghurt dapat memberikan semangat. Gula alami dan protein yang terkandung membuat tubuh lebih bugar. Apalagi mengonsumsi yoghurt dingin, rasa kantuk langsung hilang. Selain itu, yoghurt bermanfaat untuk kesehatan. Probiotik bakteri dalam yoghurt bermanfaat untuk sistem pencernaan.

Oatmeal
Oatmeal yang diseduh dengan susu atau air dapat meningkatkan energi. Kandungan mineral seperti magnesium dan fosfor dapat mencegah kelelahan. Selain itu kombinasi dari karbohidrat dan serat dapat mengenyangkan lebih lama.

Air dan Jus Lemon
Salah satu penyebab utama lelah dan kantuk adalah dehidrasi. Untuk itu, rajinlah minum air putih yang banyak. Anda juga bisa menambahkan lemon, gula dan sedikit garam pada air minum untuk mengembalikan energi.

Kacang dan Biji-bijian
Sejumlah kacang-kacangan seperti kenari, almon dan kismis kaya akan lemak omega 3. Lemak tak jenuh yang dibakar dengan cepat melepaskan tembakan energi. Gula alami dalam kacang juga akan membantu Anda untuk tetap bersemangat.

Bayam
Makanan yang kaya zat besi seperti bayam dapat memerangi kelelahan. Kurangnya zat besi atau anemia merupakan salah satu penyebab utama kelelahan. Asupan zat besi akan meningkatkan sirkulasi, yang akan memberikan suntikan oksigen ke otak dan mengalir ke seluruh tubuh yang memberikan energi tambahan.


sumber




Ikuti UNIK ASIIK di Facebook dan Twitternya disini
http://darmawanku.files.wordpress.com/2009/07/twitter-logo.png?w=121&h=35


Artikel Terkait: