Kamis, 26 Januari 2012

Tips Pertolongan Pertama Mengatasi Demam



DEMAM bisa menyerang siapa dan kapan saja.

Jika kejadiannya di rumah, tentu perlu persiapan dan cara-cara paling jitu untuk meredakan demam.

Berikut pertolongan pertama yang bisa dilakukan untuk meringankan kondisi anggota keluarga yang demam.

- Minum air putih sebanyak-banyaknya sangat membantu menurunkan temperatur tubuh, sekaligus menggantikan cairan yang keluar dari tubuh.

- Jaga agar temperatur ruangan tempat keluarga Anda terjaga dengan baik. Hindari perubahan cuaca yang terlalu cepat. Upayakan untuk selalu berada di ruangan yang sejuk dan beristirahat sebanyak mungkin.

- Jangan gunakan aspirin untuk menurunkan demam, terutama pada anak-anak. Alternatif yang cukup baik lainnya adalah mengompres dan merendamnya di bak berair dingin.

- Jangan mengonsumsi suplemen yang mengandung zat besi dan zinc selama demam. Zat besi membuat tensi meningkat, sedang zinc tidak bisa diserap tubuh selama demam.

- Pilihlah makanan yang lembek atau empuk. Pilihlah makanan yang sudah dikukus, sup, madu, dan yoghurt. Upayakan menyertakan buah segar dan jus saat jam makan untuk si sakit. Untuk menurunkan penyebab demam, minum susu 2-3 gelas sehari.

- Minum perasan lemon yang dicampur air hangat. Berikan setiap 2-3 jam sekali.

- Jangan terlalu memaksakan diri untuk menyelimuti tubuh Anda. Jika kebetulan Anda menggigil dan merasa kedinginan, berselimut mungkin akan membuat tubuh lebih nyaman. Tapi begitu suhu tubuh mulai menurun, lebih baik singkirkan selimut yang menutupi tubuh dan biarkan kulit bernapas dengan leluasa. Berselimut sama sekali tidak akan menurunkan demam secepat yang Anda pikirkan.

- Saat panas meninggi, Anda bisa mengompreskan air hangat pada bagian dahi, leher, ketiak, dada. Gantilah kain kompresan sebelum mengering.

source




Ikuti UNIK ASIIK di Facebook dan Twitternya disini
http://darmawanku.files.wordpress.com/2009/07/twitter-logo.png?w=121&h=35


Artikel Terkait: