Jumat, 27 Januari 2012

5 Makanan yang Membuat Anda Sulit Tidur




Tidur yang berkualitas merupakan kunci utama untuk dapat berpikir jernih dan merasa rileks. Kurangnya waktu tidur bisa buat Anda merasa sedih dan sensitif, dan apabila tidak segera ditangani bisa mengakibatkan depresi dan mengganggu kesehatan fisik.

Namun, memiliki waktu tidur yang cukup memang bukan hal yang bisa dibilang mudah. Banyak hal yang bisa membuat Anda sulit tidur, salah satunya konsumsi makanan yang tidak tepat. Dilansir Care2, berikut ini lima makanan yang sebaiknya Anda hindari jika ingin dapatkan tidur yang nyenyak.

1. Cokelat
Secangkir minuman cokelat hangat di malam hari mungkin akan terasa nikmat. Tapi efeknya, Anda bisa sulit tidur semalaman. Walaupun hanya sekeping cokelat, kafein yang terdapat di dalamnya bisa membuat Anda sulit tidur. Terlebih lagi jika usia Anda yang sudah di atas 30 tahun. Seiring bertambahnya usia, orang akan semakin sensitif terhadap kafein seminimal apapun kadarnya. Selain itu, cokelat juga mengandung tyrosine, asam amino yang membentuk neutrotransmiter cathecolamine, yang berfungsi membuat seseorang dalam keadaan terjaga.

2. Daging Olahan
Daging-daging olahan seperti daging asap, burger atau sosis mengandung asam amino tyramine yang cukup tinggi. Zat ini akan memicu otak untuk melepas norepinephrine, yang membuat Anda selalu terjaga semalaman suntuk. Pilihlah daging ikan, ayam atau daging sapi segar untuk makan malam, bukan yang sudah mengalami proses pengawetan.

3. Minuman Energi
Minuman energi tinggi akan kafein, serta meningkatkan adrenalin dan kewaspadaan. Studi terbaru menunjukkan, bahkan ketika Anda meminumnya di siang hari, jika dikombinasikan dengan minuman lain yang berkafein tinggi seperti kopi atau teh, Anda akan sulit memejamkan mata hingga malamnya.

4. Saus Tomat, Cabai, Pizza dan Makanan Pedas
Selain sistem pencernaan yang akan terganggu di malam hari, makanan asam dan pedas juga bisa menyebabkan efek refluks dan heartburn yang bisa mengganggu kenyamanan Anda tidur. Dikutip dari detikhealth, refluks adalah aliran urin yang abnormal dari kandung kemih kembali ke tabung (ureter) yang menghubungkan ginjal dengan kandung kemih. Normalnya, urin hanya mengalir turun dari ginjal ke kandung kemih.

Sedangkan heartburn adalah sensasi terbakar yang menyakitkan tepat di bawah atau di belakang tulang dada yang biasanya berasal dari kerongkongan. Rasa sakit ini sering naik ke dada dan menyebar ke leher atau tenggorokan, sehingga menimbulkan ketidaknyamanan dan sangat mengganggu.

5. Minuman Beralkohol
Segelas-dua gelas wine setelah makan malam, mungkin akan membuat Anda lebih rileks. Tapi beberapa jam kemudian, Anda akan sulit dapatkan tidur yang berkualitas. Hal ini karena minuman beralkohol meningkatkan produksi urin sehingga membuat kita sering bolak balik kamar mandi di malam hari. Akibatnya, tubuh pun bisa mengalami dehidrasi.

Tertarik dengan glow cream dari Etude ini? Anda harus sabar menunggu hingga bulan depan. Menurut Yeni Maria, managing director Etude, November mendatang rangkaian produk 'Nymph Aura' bukan hanya merilis glow cream, ada juga blush on cair, lipstik, lip gloss dan cat kuku. Semua koleksi tersebut memberikan cahaya yang membuat tampilan bak bintang Korea.


Sumber



Ikuti UNIK ASIIK di Facebook dan Twitternya disini
http://darmawanku.files.wordpress.com/2009/07/twitter-logo.png?w=121&h=35


Artikel Terkait: