Selasa, 24 Januari 2012

Mengenal Proses Detoks

Apakah sebenarnya detoks itu, bagaimana cara detoks dan apa manfaat detoks untuk tubuh kita?

Detoks adalah proses pembuangan ampas atau racun (toksin) dari dalam tubuh kita baik yang dihasilkan secara alami oleh tubuh kita, maupun yang terbawa oleh makanan kita (seperti pestisida, pewarna, MSG, logam berat dalam air minum, dsb), residu obat-obatan, polusi udara, stress, pola makan buruk dan radikal bebas. Proses detoks juga membantu memperbaiki metabolisme dan kemampuan tubuh dalam membuang racun (toksin) dari dalam tubuh secara alamiah.

Toksin-toksin inilah yang jika dari waktu ke waktu menumpuk di dalam tubuh, yaitu di dalam di usus kita yang pada akhirnya menyebabkan penyakit degeneratif, kerusakan sel-sel tubuh dan penyakit kronis lainnya seperti kanker, kolesterol, dan darah tinggi. Tingkat racun di dalam tubuh juga mempengaruhi stamina dan vitalitas tubuh dalam menjalani kegiatan sehari-hari, serta penuaan dini.

MENGAPA DETOKS ITU PENTING? Kita perlu melakukan detoks, sebisa mungkin, sesering mungkin karena dengan detoks kita dapat:

1. Mencegah penyakit.
2. Mengistirahatkan organ tubuh.
3. Membersihkan bagian dalam tubuh dari toksin-toksin yang berbahaya.
4. Memperlambat proses penuaan (anti-ageing).
5. Meningkatkan vitalitas tubuh.
6. Meningkatkan fertilitas.

Ada beberapa cara detoks dan tips saat detoks yang dianjurkan oleh dokter-dokter ahli nutrisi:

1. Mengkonsumsi menu detoks.
Menu detoks mencakup buah-buahan, sayur-sayuran, dan kacang-kacangan. semua diolah minimalis. Jangan lupa minum air putih banyak untuk melancarkan proses “pembuangan sampah” dari tubuh anda.

2. Melakukan olah raga ringan di pagi hari pada saat detoks
Olah raga ringan seperti jalan pagi sangat membantu tubuh meningkatkan sistem imun (kekebalan tubuh terhadap penyakit), sehingga proses pembuangan racun lebih lancar.

3. Relaksasi pikiran dan tubuh juga sangat penting pada saat detoks.
Stress dan beban pikiran menghambat proses detoks Anda. Bantulah agar tubuh dan pikiran bisa rileks dengan aromaterapi, membaca buku atau mendengarkan musik kesukaan Anda.





Ikuti UNIK ASIIK di Facebook dan Twitternya disini
http://darmawanku.files.wordpress.com/2009/07/twitter-logo.png?w=121&h=35


Artikel Terkait: