Rabu, 29 Februari 2012

10 Ulat BUlu Paling Berbahaya di DUNIA

Ulat bulu memang paling dihindari oleh manusia, selain beberapa jenis bisa membuat badangatal-gatal, juga menjadi hama bagi tanaman produksi. Ulat bulu mana saja yang masuk kategori berbahaya? Berikut daftarnya:

1. The SaddlebackCaterpillar


Ulat yang cantik, tapi hati-hati jika terkena racunnya bisa menimbulkan gejala pembengkakan, rasa mual dan ruam selamaberhari-hari. Ulat ini tergolong rakus dan memakan segala jenis tanaman. Terdapat di taman, pot bunga, kebun dll

2. The Cinnabar Moth Caterpillar


Tergolong ulat yang rakus,tetapi jika dia kehabisan bahan makanan maka yg terjadi adalah salingkanibalisme antara sesama ulat.

Untuk mempertahankan hidup ulat inidibekali senjata racun yang cukup mematikan bagi mangsanya. Kalau tersentuhmanusia maka racun tersebut membuat kita gatal dan ruam sekujur tubuh

3. The Monarch Caterpillar


Penampilannya lucu, berwarna kuning bergaris hitamdan putih. Jika ulat ini sudah menetas, tidak terlihat secara kasat mata karena ukurannya begitu kecil.

Ulat ini tumbuh sangat cepat, ia memiliki panjang rata-rata 2 inch (sekitar 5 cm). Jika sudah menjadi kupu-kupu, MonarchCaterpillar sangat cantik dan indah

4. The Gypsy Moth Caterpillar


Ciri khas dari jenis ulat ini adalah memilikibulu yang banyak di kepalanya, dan uniknya di badan ulat tersebut hanya sedikitditumbuhi rambut. Rambut tersebut dapat menyebabkan nyeri dan dermatitis bagiorang yang bersentuhan.

Mereka sangat menyukai beberapa jenis daun yaitu mapple,pohon elm dan ek. Ulat ini bisa juga menyebabkan pohon menjadi mati

5. The Bag Shelter Caterpillar


Diantara semua jenis ulat lainnya, ulat inisangat beracun dan berbahaya ,bisa mengakibatkan kematian pada manusia. Gejalaawal sesak napas dan ruam disekujur tubuh. Ulat ini memakan daun, dan keluarpada malam hari.

6. The Puss Caterpillar


Ulat paling beracun di Amerika Utara adalahSlug Caterpillar Puss atau Woolly. Jangan tertipu oleh penampilan bola berbuluyang kapas karena akan melepaskan asam pada apa pun yang menyentuh dan saratdengan duri beracun di seluruh tubuhnya. Gejala dari sengatan bisa bertahanbeberapa hari dan termasuk sakit kepala, mual dan muntah. Terdapat di pohonjeruk, elm dan ek.

7. The Stinging Rose Caterpillar


Panjangnya kurang dari satu inci. Spesies ini memiliki bulu-bulu berduri dengan kelenjar racun. Bila menyentuh bulu berduri tersebut, maka racunnya langsung masuk tubuh dan menyebabkanruam kulit serta reaksi hipersensitif. Ulat ini dapat ditemukan padatanaman berkayu seperti dogwood, maple, oak, cherry, apel, poplar dan hickory.

8. The Hickory Tussock Caterpillar


Racun dari ulat bulu jenis ini berlangsung ketika terjadi kontak dengan rambut atau duri dan menyebabkan ruamkulit atau hipersensitivitas.

Hickory Tussock umumnya terlihat dari bulanJuni sampai September dan dapat ditemukan di Kanada bagian selatan atau Amerika Utara.

9. The Io Moth Caterpillar


Dua jenis racun yang dilepaskan dari punggungulat jenis ini mengakibatkan rasa terbakar danperadangan. Mereka memakan banyak pohon dan semak-semak termasuk willow, mapel,elm, oak, holly, aspen, belalang, ceri, pir dan sassafras.

Spesies ini dapatditemukan di alam terbuka, padang rumput hutan dan ladang jagung dari Februarihingga September.

10. The Spinny Oak Slug Caterpillar


Ulat ini warnanya indah dan memiliki panjang kurang satuinch. Racun yang dikeluarkan oleh duri dapat menyebabkan reaksi yang parah.Ulat ini suka makan kurma, willow, abu, oak, hackberry dan kastanye bersamadengan pohon-pohon lain dan tanaman berkayu yang lebih kecil.

Spesies ini dapatditemukan di hutan dari selatan Quebec untuk Maine dan selatan melaluiMissouri, Texas dan Florida.


sumber




Ikuti UNIK ASIIK di Facebook dan Twitternya disini
http://darmawanku.files.wordpress.com/2009/07/twitter-logo.png?w=121&h=35


Artikel Terkait: