Selasa, 21 Februari 2012

5 Spot Surfing Paling Terkenal Di Indonesia

Kekayaan alam Indonesia memang terkenal luar biasa. Mulai dari ragam budayanya, sampai panorama alamnya, menggoda banyak pelancong dunia untuk sekedar singgah dan menikmati “surga” dunia yang satu ini. Salah satunya melalui kegiatan surfing, yang bisa jadi salah satu tujuan dimana para peselancar dunia mengunjungi Indonesia. Berikut ini uniknya.com himpun 5 tempat tujuan surfing yang diakui para surfer dunia

1. Pantai Kuta, Bali
Pantai Kuta adalah sebuah tempat pariwisata yang terletak di sebelah selatan pulau Bali, Indonesia. Kuta terletak di Kabupaten Badung. Pantai ini juga memiliki ombak yang cukup bagus untuk olahraga selancar (surfing), terutama bagi peselancar pemula. Pantai ini menawarkan gulungan gelombang terbaik dengan pasir pantai lembut, dan di sini juga terdapat banyak sekolah surfing. Daerah Kuta juga merupakan sebuah tujuan wisata turis mancanegara, dan telah menjadi objek wisata andalan Pulau Bali sejak awal 70-an. Pantai Kuta sering pula disebut sebagai pantai matahari terbenam (sunset beach) sebagai lawan dari pantai Sanur.



2. Semenanjung Bangko Bangko, Lombok
Tak hanya di Bali, Anda dapat menemui gulungan air laut di bawah papan surfing Anda ketika berada di Nusa Tenggara, tepatnya daerah Lombok. Kawasan pantai Lombok, memiliki gelombang sekitar 300 meter di titik tertentu. Banyak peselancardari luar negeri, memberi istilah “point x’ pada titik suring yang menegangkan ini. Titik-titik tersebut, ada di Mawi, Mawun, dan sepanjang pantai selatan Lombok. Bahkan, para peseancar dari Australia memberi sebuah julukan desert point untuk kawasan pantai Bangko-bangko yang terletak di selatan Lombok Barat.



3. Pantai Plengkung, Banyuwangi
Pantai Plengkung terletak di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Pantai ini memang sudah cukup dikenal oleh para peselancar karena ombaknya yang cukup besar. Saat ini ombak di Pantai Plengkung menjadi terbaik kedua setelah ombak di Hawai. Di pantai ini juga pernah diadakan lomba surfing tingkat internasional yang diikuti oleh 12 tim peselancar dari delapan negara dan dikenal dengan sebutan “Banyuwangi G-Land International Team Challenge”. Negara-negara yang mengikuti perlombaan ini antara lain,Australia, Perancis, Amerika, Inggris, Selandia Baru, dan tentunya Indonesia.



4. Pantai Mentawai, Sumatra
Bila ingin menemukan tempat surfing terbaik di Sumatera, Anda dapat menemuinya di Kepulauan Mentawai. Jajaran pulau-pulau yang ada di Mentawai merupakan rumah bagi para peselancar kelas dunia. Di tempat ini para surfer dapat menemukan gelombang laut setiap waktu. Saat ini, Mentawai dapat diakses melalui dua jalur yaitu jalur laut dan udara., Mentawai dapat dicapai dengan kapal cepat selama 4 jam atau feri antarpulau selama 10 jam. Penerbangan Bandara Minangkabau-Bandara Rokot setiap selasa dan kamis oleh Sabang Merauke Air Charter (SMAC) juga siap melayani kamu yang hendak berkunjung kepulau ini.



5. Pulau Nias, Sumatra
Pulau Nias merupakan tempat surfing yang benar-benar fantastis. Nias terkenal dengan ombak yang sempurna mematahkan Lagundri Bay. Gelombang Nias menggulung sempurna dengan ketinggian ombak mencapai 2-15 kaki. Memiliki karang yang berlimpah tetapi tidak agresif. Karena posisi geografis nusantara, pulau ini merupakan salah satu daerah yang paling menarik di dunia




Sumber




Ikuti UNIK ASIIK di Facebook dan Twitternya disini
http://darmawanku.files.wordpress.com/2009/07/twitter-logo.png?w=121&h=35


Artikel Terkait: